PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI MA NEGERI SIDOARJO

  • NENY INDAH SETYAWATI
  • SULIYANAH

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik yang layak ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tahap pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas LKPD yang telah dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid dengan presentase 89,3%. LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,67% dan persentase ketercapaian kemampuan keterampilan proses sains ≥ 61% untuk setiap indikator yaitu mengajukan pertanyaan 91,91%, perumusan hipotesis 86,03%, menggunakan alat/bahan 90,44%, pengontrolan variabel 78,68%, menafsirkan data 82,35%, meramalkan 91,18%, menerapkan konsep 98,53%, mengiferensi 100% dan berkomunikasi 86,76%.Peningkatan hasil tes keterampilan proses sains peserta didik menunjukkan skor N-Gain 0,71 dengan kategori tinggi dan hasil angket respons peserta didik memberikan respons positif dengan persentase rat-rata sebesar 99,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat melatihkan keterampilan proses sains.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains
Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 40