PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME RPG UNTUK MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN GAME DI SMK NEGERI 12 SURABAYA

Main Article Content

Muhammad Afrizal Bakhri
BAMBANG SUJATMIKO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis game RPG serta kemajuan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pemrograman game. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII animasi 1 SMK Negeri 12 Surabaya yang sedang menempuh mata pelajaran pemrograman game. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain One group Pretest Posttest metode ini menggunakan sampel seluruh siswa kelas XII animasi 1 dan dilakukan pretest sebelum treatment untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum menggunakan media pembelajaran. Selanjutnya siswa akan diberi treatment menggunakan media pembelajaran sebagai sarana belajar pemrograman game dan diberi posttest untuk mengetahui perkembangan siswa baik dari segi psikomotor maupun kognitif pada mata pelajaran pemrograman game. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari uji validasi media pembelajaran sebesar 79,3% sehingga dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar dan mengajar di SMK Negeri 12 Surabaya dan dari uji hipotesis, rata-rata nilai hasil pretest sebesar 65,69 dan hasil posttest sebesar 76,38.

.

Kata Kunci: Game RPG, Hasil Belajar, Media Pembelajaran.



Abstract This research has purpose to know the validity of RPG game based learning media and student ability improvement on game programming subject. This research has been done on students XII animasi 1 SMK Negeri 12 Surabaya whole class that have been through game programming subject. The research method use One Group pretest and posttest design and use whole class of XII animasi 1 as a sample then had a pretest before treatment to know the measurement of their skills before using RPG game based learning media. Then they had to do posttest after using RPG game based learning media to know the improvement of their skills in psychomotor and cognitive on game programming subject. Based on research result that has been done from validity test for RPG game based learning media obtained 79,3%. Thus concluded that RPG game based learning media is valid to use as learning tools in SMK Negeri 12 Surabaya and from hypothesis test, the average value student learning result was 65,69 for a pretest and 76,38 for a posttest result.

Keyword : Schoology, Student Centered Learning, Learning Motivation, Learning Results

Article Details

How to Cite
Afrizal Bakhri, M., & SUJATMIKO, B. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME RPG UNTUK MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN GAME DI SMK NEGERI 12 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/25785
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>