PENGEMBANGAN MODUL ONLINE DAN LKS BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN VIDEO

Main Article Content

RENDRA PERDANA IRAWAN
BAMBANG SUJATMIKO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian dilaksanakan dan memiliki tujuan untuk pengembangan media untuk kegiatan pembelajaran siswa yang dimana produk tersebut adalah video modul yang diharapkan mampu memandu siswa untuk belajar sekaligus mempraktekkan materi yang mereka pelajari. Metode yang dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian ini adalah Peneltian dan pengembangan, dengan memanfaatkan desain one shot case study dan bertempatkan di SMKN 3 surabaya. contoh pada dipenelitian yang dilaksanakan ini merupakan peserta didik dari kelas XII Jurusan Multimedia 2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan media ini dapat membantu siswa untuk memperoleh nilai yang baik. Siswa mampu menuntaskan pengujian berupa tes kognitif individu dan psikomotor berkelompok yang diberikan dengan tingkat keberhasilan 100% dengan nilai antara 80 sampai 90 di test kognitif dan 78 hingga 86 di test psikomotorik.

Kata kunci: media pembelajaran, video modul, belajar mandiri , kemampuan kognitif dan psikomotor.


ABSTRACT

The development of learning media as a video that can guide the students to learn and practicing the course they’ll learnt is the main objective of this research. Research and development is the method that used by researcher, using one shot case study design and placed on SMKN 3 Surabaya. Sample used on this research is the whole student of grade 12 multimedia 2. Result from the research shows that learning using this media could help them to get a good score. Student could pass the individual cognitive test and group psychomotor test which is given with the 100 percent success rate with score between 80 to 90 in cognitive test and 78 to 86 in psychomotor test.

Keyword: learning media, video module, independent learning, cognitive and psychomor abilities.

Article Details

How to Cite
PERDANA IRAWAN, R., & SUJATMIKO, B. (2019). PENGEMBANGAN MODUL ONLINE DAN LKS BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN VIDEO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/29401
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>