PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (STUDI KASUS : SMKN 1 JOMBANG)

Main Article Content

Fitriana Fajerin
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Penerapan proses pembelajaran memiliki beberapa hambatan yang dapat berpengaruh dalam proses belajar, berdasarkan hasil wawancara masih adanya penggunaan metode konvensional dalam proses KBM berlangsung, dengan simulasi pembelajaran pratikum dengan memberikan penugasan kepada siswa. Dalam penerapan pembelajaran pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan pada poko materi Komposisi Dalam Fotografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis web yang nantinya dapat lebih efektif dan efisien dalam keaktifan siswa. Dengan model pembelajaran Resource Based Learning siswa dapat menyadari akan dirinya sendiri dimana pembelajaran tersebut siswa dapat belajar menggunakan sumber dari media tersebut tanpa harus dengan guru. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian rancangan One group pre-test post-test design dengan metode pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi pada penelitian adalah siswa kelas XI MM 2 SMKN 1 Jombang. Dengan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Hasil akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar sebelumnya 41,6 dan sesudah nilai rata-rata 80. Dengan rating respon siswa terhadap pembelajaran tersebut 82%. Berdasarkan dari analisis hasil belajar diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang dapat ditarik kesimpulkan bahwa terdapat adanya perbedaan antara hasil belajar sebelum dan sesudah. Pembelajaran berbasis web. Hal ini dapat disimpulkan hasil pembelajaran dengan menggunakan model Resource Based Learning berbasis Web lebih baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan media layak untuk digunakan dalam media pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Fajerin, F., & Dermawan, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (STUDI KASUS : SMKN 1 JOMBANG). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 49-56. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36382
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2