ANALISIS OPTIMASI PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SKYPE, ZOOM, DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SMA DAN SMK PADA MASA COVID-19

Main Article Content

Anggit Trisarmanto Hakim
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Berkembangnya teknologi pentingnya internet dalam kegiatan pembelajaran, pada tahun 2006 pemerintah membuat program “Internet Masuk Sekolah” melalui Jejarin Pendidikan Nasional (Jardiknas). Kini, seluruh data sekolah harus diunggah secara online melalui Dapodikdas (SD-SMP) dan Dapodikmen (SMA-SMK). Pada tahun 2007, Kemdikbud memulai program schoolnet, yakni program program zona sekolah yang pada pembelajaran e-learning telah menghubungkan 6.500 hingga 10.000 sekolah dasar dan menengah. Salah satu bentuk upaya dan dapat dilakukan sebagai inovasi penunjang metode belajar mengajar secara daring (online) menggunakan metode pembelajaran e-learning. Konsep ini didukung oleh kemajuan teknologi salah satunya terciptanya aplikasi pembelajaran e-learning seperti Edmodo, Google Meet, Google Classroom, Skype, dan Zoom Meet. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami optimasi penggunaan aplikasi online Skype, Zoom dan Google Classroom pada peningkatan minat belajar dirumah murid di era Covid-19. Penelitian ini menggunakan proses pengumpulan data melalui kajian 10 jurnal penelitian yang telah lalu atau literatur review yang memiliki 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil pada studi literature ini adalah adanya proses belajar yang baik, efektif, efisien, dan menarik sehingga dapat mempermudah proses belajar mengajar antara guru dan siswa sehingga siswa lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga menghasilkan nilai yang meningkat.

Article Details

How to Cite
Hakim, A., & Dermawan, D. (2023). ANALISIS OPTIMASI PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SKYPE, ZOOM, DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SMA DAN SMK PADA MASA COVID-19. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 53-60. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/51337
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>