STUDI LITERATUR PENERAPAN MOBILE GAME EDUKASI UNTUK MENGETAHUI PERFORMA BELAJAR SISWA DISEKOLAH

Main Article Content

Sulthan Nurrobih Muslim
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Penerapan proses pembelajaran memiliki beberapa cara masing-masing, beberapa penerapan pembelajaran dikatakan sulit untuk diterapkan seperti penerapan media mobile game ke dalam proses pembelajaran. Studi Literatur ini bertujuan untuk 1) mengetahui kualitas kelayakan dari media pembelajaran berbasis mobile game jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah 2) mengetahui perbedaan penigkatan performa belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis mobile game. Didapatkan hasil bahwa 1) kelayakan mobile game edukasi saat digunakan oleh lima peneliti berdasarkan literatur jurnal nasional semuanya mendapat predikat layak untuk diterapkan disekolah dengan total nilai keseluruhan sebesar 85,79%. Respon penggunaan media pembelajaran berbasis mobile game edukasi dikatakan sangat positif atau sangat layak untuk diterapkan kepada siswa disekolah sebagai media pembelajaran. 2) Untuk perbedaan peningkatan performa belajar siswa diketahui bahwa penerapan model media pembelajaran berbasis mobile game pada siswa disekolah dinilai sangat baik, hal tersebut dapat dilihat dari performa belajar siswa yang mengungkapkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis mobile game dapat meningkatkan hasil belajar dari 47,78% sampai 82,79% pada acuan jurnal nasional dengan peningkatan yang signifikan sebesar 35,01% begitupula dengan isi didalam jurnal internasional, mengatakan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis mobile game sangat layak dan berkontribusi dalam meningkatkan belajar siswa dari 50,76% sampai 77,59% dengan peningkatan 26,83 %.

Article Details

How to Cite
Muslim, S., & Dermawan, D. (2020). STUDI LITERATUR PENERAPAN MOBILE GAME EDUKASI UNTUK MENGETAHUI PERFORMA BELAJAR SISWA DISEKOLAH. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 85-95. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36458
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2