PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH) MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN SISWA
Main Article Content
Abstract
Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan diiringi dengan munculnya perubahan sosial, budaya, dan pertumbuhan ekonomi merupakan bukti bahwa teknologi dan informasi di indonesia mulai tumbuh ke arah positif. Peran teknologi informasi mulai dilibatkan dalam proses pendidikan salah satunya dengan menyatukan modul pembelajaran dengan teknologi penunjang pembelajaran yang interaktif. Augmented reality merupakan suatu teknologi yang dinilai dapat membawa dampak positif pada perkembangan pendidikan. Pada penelitian ini diharapkan model pembelajaran dengan melibatkan media berbasis modul yang di kombinasikan dengan teknologi Augmented Reality dapat dinilai layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah studi pustaka, dengan cara mengumpulkan data-data yang relevan dari buku, kamus, jurnal, majalah, dan lain sebagainya tanpa harus melakukan tinjauan ke lapangan. Berdarsarkan riset yang telah dilakukan berdasarkan kajian pustaka yang ada, dari hasil data penelitian mengatakan bahwa 48,15% siswa merasa kurang termotivasi belajar karena media pembelajaran kurang bervariasi atau tergolong teknologi yang sudah lama, seperti media papan tulis, powerpoint, dan proyektor, yang cenderung proses pembelajaran satu arah dari guru ke murid. Dengan adanya penelitian teknologi augmented reality yang dapat dipadukan dengan kegiatan belajar mengajar diharapkan siswa dapat belajar dengan optimal, sehingga tujuan dari proses belajar mengajar dan angka kelulusan dapat tercapai dengan target yang diharpkan.