STUDI LITERATUR PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Main Article Content
Abstract
Perkembangan industri di dunia kerja menyebabkan keterampilan pemecahan masalah perlu ditingkatkan pada setiap sumber daya manusia. Hal tersebut merubah cara pandang masyarakat terhadap pendidikan di sekolah. Pendidikan harus mampu menempa dan menghasilkan peserta didik yang dapat memenuhi kriteria  keterampilan tersebut. Berdasarkan pernyataan tersebut, penulis akan melakukan penelitian literatur yang berkaitan dengan pengaruh penerapan metode inkuiri dalam proses belajar mengajar atau inquiry learning pada kemampuan softskill berpikir kritis siswa saat pembelajaran. Penelitian literatur ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui pengaruh inquiry learning pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses belajar mengajar. Metode yang dipakai peneliti merupakan metode SLR (Systematic Literatur Review). Hasil dari review dan analisis pada masing – masing literatur dinyatakan bahwa ditemukan pengaruh positif pada kemampuan berpikir kritis pada siswa SMK setelah dilakukan proses belajar mengajar dengan menerapkan inquiry learning atau pembelajaran menggunakan metode inkuiri. Siswa juga mengalami peningkatan hasil belajar pada beberapa literatur penelitian yang telah dianalisis serta didapatkan respon yang positif dari siswa saat melakukan pembelajaran berbasis inkuiri. Sehingga dari analisis beberapa literatur terkait didapatkan kesimpulan bahwa implementasi metode inkuiri efektif digunakan pada proses belajar mengajar oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa.