PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT PROGRAM PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Main Article Content
Abstract
Melihat data tingkat pengangguran Terbuka (TPT) yang dirilis pada Agustus 2022 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia terdapat 8,42 juta penduduk atau sebesar 5,86% merupakan pengangguran atau sedang mencari pekerjaan dan jika dilihat dari jenjang pendidikan, penyumbang paling besar 9,24% yang terwakili oleh tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dari presentasi tersebut tidak sesuai dengan Undang-Undang tahun 2013 nomor 20 membahas sistem pendidikan nasional menunjukkan tamatan pendidikan SMK disiapkan untuk dapat bekerja sesuai bidang kompetensi. Faktor pendukung untuk meningkatkan capaian kompetensi dapat dicapai dengan banyak cara seperti pemilihan media pembelajaran yang mendorong pembelajaran secara aktif salah satunya yaitu dengan penggunaan e-modul. Hasil validasi instrumen pengembangan media pembelajaran mendapatkan persentase 87% yang menyatakan bahwa media telah memenuhi syarat untuk diterapkan selama proses belajar mengajar. Diperoleh hasil penelitian yang mengunjukkan bahwa Pretest menunjukkan skor rata-rata 49,50 dan posttest menunjukkan skor rata-rata 77,75. Maka dilihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest terdapat selisih, dengan hasil posttest lebih besar dapat diambil kesimpulan setelah menggunakan aplikasi nilai capaian pembelajaran menjadi lebih meningkat.