Rancang Bangun Learning Management System Menggunakan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Memprogram Javascript
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i3.64583Abstract
Di era digital, penguasaan keterampilan teknologi, khususnya pemrograman, sangatlah penting. Pendidikan kejuruan harus mempersiapkan siswa untuk memenuhi tuntutan industri, tetapi pengajaran tradisional sering kali gagal dalam menggabungkan teknologi terkini. Studi ini mengeksplorasi penerapan model Project-Based Learning (PBL) melalui LMS bernama Jswebku untuk meningkatkan keterampilan pemrograman JavaScript di kalangan siswa. Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang memanfaatkan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Sistem tersebut menjalani pengujian dengan siswa kelas 11 RPL di SMKN 10 Surabaya, di mana membandingkan kelompok eksperimen yang memanfaatkan Jswebku dengan kelompok kontrol yang menerapkan metode tradisional. Pengumpulan data terdiri dari penilaian kognitif dan evaluasi psikomotorik berbasis proyek. Hasil menunjukkan validitas Jswebku yang kuat, dengan RPP, materi, pertanyaan, dan validasi media rata-rata 90%, diklasifikasikan sebagai "sangat valid". Analisis statistik (Independent Sample t-test) menunjukkan hasil kognitif (15,598 > 0,05) dan proyek psikomotorik (14,377 > 0,05) yang jauh lebih baik pada kelompok eksperimen. Dengan demikian, mengintegrasikan PBL dengan LMS (Jswebku) secara efektif meningkatkan kompetensi pemrograman siswa dibandingkan metode tradisional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

