RANCANG BANGUN E-MODUL BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA NTERAKTIF DI SMKN 10 SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Bahan ajar merupakan pondasi pembelajaran. Bahan ajar yang relavan harus dapat digunakan dengan mudah dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini. Bahan ajar yang relavan akan membantu ketercapaian kompetensi siswa pada fokus bidang mata pelajaran terkait. Mata pelajaran desain media interaktif memiliki dasar teori dan praktikum yang tidak dapat dipisahkan. Dari hasil pengamatan, di kelas XII Multimedia di SMK Negeri 10 Surabaya, terlihat bahwa pembelajaran belum memiliki bahan ajar yang relavan, yang terintegrasi antara dasar teori dan praktikum. Oleh karena itu, penelitian ini dikerjakan dengan menerapkan model four-D untuk memastikan akurasi dalam setiap tahapan. Pada fase pengembangan, media pembelajaran dinilai sangat valid dengan persentase nilai materi mencapai 85,89% dan aspek media sebesar 92,64%. Dalam penelitian ini siswa diberikan pre-test sebagai pengambilan nilai awal atas pemahaman tanggapan siswa terhadap materi pelajaran yang akan disampaikan. yang kemudian berlanjut pada tahapan penyebaran (disseminate) dengan menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi android kepada siswa. Untuk mengetahui dampak dari proses penerapan media tersebut, maka dilaksanakan pengambilan nilai melalui post-test. Data pre-test dan post-test yang diperoleh kemudian diproses dan menunjukkan distribusi data yang normal, karena nilainya melebihi 0,05. Dengan penyebaran data yang normal tersebut, diperoleh hasil uji parametrik menggunakan rumus sample paired t-Test dengan nilai mutlak dari T hitung adalah 41.983, sementara T tabel dengan signifikansi 5% dan df 34 adalah 2,03224. Sehingga, disimpulkan dengan penerapan e-modul berbasis aplikasi android sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran desain media interaktif dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang pelajaran desain mediai interaktif.