Rancang Bangun LMS PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Administrator Jaringan Siswa XI TKJ SMKN 1 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70743Abstract
Kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi menuntut peningkatan mutu pembelajaran vokasi, khususnya di bidang jaringan komputer. Namun, dominasi metode konvensional dan minimnya pemanfaatan teknologi pembelajaran menghambat perkembangan kompetensi siswa. Ketidaksesuaian antara kurikulum sekolah dan kebutuhan industri juga memperlebar jarak antara teori dan praktik. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan model ADDIE, dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kediri dengan subjek siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Tujuan penelitian adalah merancang dan menguji LMS berbasis PBL untuk meningkatkan kompetensi siswa sebagai administrator jaringan. Hasil validasi menunjukkan kevalidan sangat tinggi: media 84%, materi 97%, soal tes 94%, dan modul ajar 91%, dengan rata-rata keseluruhan 91% (kategori “sangat valid”). Uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data pretest dan posttest terdistribusi normal pada aspek kognitif dan praktik. Uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 pada kedua aspek, menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan LMS berbasis PBL efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa sebagai administrator jaringan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 35
,
PDF Downloads: 23
