Pengembangan Aplikasi Studyroom untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Mata Pelajaran Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70976Abstract
Pengembangan aplikasi berbasis web yang didesain untuk meningkatkan kompetensi pemrograman pada mata pelajaran Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian dilangsungkan terhadap siswa kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 2 Buduran. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu aplikasi pembelajaran yang efektif dan efisien. Model pengembangan yang dimanfaatkan penelitian yaitu ADDIE yang meliputi 5 tahap, diantaranya: Analysis, Design, Development, Implementation, serta Evaluation. Pengembangan aplikasi berdasar pada pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning, dengan harapan siswa dapat belajar dengan aktif. Penelitian ini melibatkan proses validasi oleh ahli terhadap modul ajar, media pembelajaran, dan soal. Hasil validasi media pembelajaran mendapat nilai 75% pada kategori layak. Uji coba dilakukan pada kelas X RPL yang berjumlah 38 siswa. Hasil analisis menyatakan terdapat peningkatan terhadap nilai pre-test post-test, berikutnya berlandaskan pada hasil pengujian paired sample t-test, didapat nilai yang signifikan 0.000 (p < 0.05), dengan begitu Ho ditolak H1 dengan artian ada perbedaan signifikan terhadap hasil pre-test serta post-test kognitif maupun psikomotorik. Berdasarkan hasil analisis, dapat diambil kesimpulan bahwasanya aplikasi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kompetensi pemrograman siswa. Aplikasi ini juga mendapatkan kategori layak dari validator dan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran pendukung pada proses pengajaran materi Pemrograman Terstruktur.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 62
,
PDF Downloads: 35
