Pengembangan LMS Moodle Berbasis PjBL dengan Pendekatan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kompetensi Junior Web Developer
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71093Abstract
Kesenjangan antara kompetensi lulusan SMK dan tuntutan industri, khususnya di bidang Rekayasa Perangkat Lunak, masih menjadi tantangan utama. Minimnya penerapan pembelajaran aktif seperti PjBL dan pendekatan Computational Thinking (CT) turut memengaruhi kesiapan siswa menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LMS berbasis Moodle yang mengintegrasikan PjBL dan CT untuk meningkatkan kompetensi Junior Web Developer. Penelitian ini menggunakan R&D dengan model ADDIE dan pendekatan kuantitatif, menggunakan pretest-posttest pada 35 siswa serta analisis data melalui uji Shapiro-Wilk dan Paired t-Test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan (55,07 menjadi 86,07) dan keterampilan (53,91 menjadi 86,46), dengan signifikansi 0,000 (< 0,05). Salah satu temuan menarik menunjukkan bahwa meskipun siswa awalnya belum mengenal CT, LMS dengan integrasi PjBL dan instruksi CT ini membantu mereka menerapkannya secara bertahap. Hasil ini terbukti efektif meningkatkan kompetensi dan membentuk pola pikir sistematis serta kolaboratif sesuai kebutuhan industri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 20
,
PDF Downloads: 15
