Pengembangan LMS Moodle Berbasis PjBL dengan Pendekatan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kompetensi Junior Web Developer

Authors

  • Alvina Febrianti Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sujatmiko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71093

Abstract

Kesenjangan antara kompetensi lulusan SMK dan tuntutan industri, khususnya di bidang Rekayasa Perangkat Lunak, masih menjadi tantangan utama. Minimnya penerapan pembelajaran aktif seperti PjBL dan pendekatan Computational Thinking (CT) turut memengaruhi kesiapan siswa menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LMS berbasis Moodle yang mengintegrasikan PjBL dan CT untuk meningkatkan kompetensi Junior Web Developer. Penelitian ini menggunakan R&D dengan model ADDIE dan pendekatan kuantitatif, menggunakan pretest-posttest pada 35 siswa serta analisis data melalui uji Shapiro-Wilk dan Paired t-Test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan (55,07 menjadi 86,07) dan keterampilan (53,91 menjadi 86,46), dengan signifikansi 0,000 (< 0,05). Salah satu temuan menarik menunjukkan bahwa meskipun siswa awalnya belum mengenal CT, LMS dengan integrasi PjBL dan instruksi CT ini membantu mereka menerapkannya secara bertahap. Hasil ini terbukti efektif meningkatkan kompetensi dan membentuk pola pikir sistematis serta kolaboratif sesuai kebutuhan industri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Alvina Febrianti, & Sujatmiko, B. (2025). Pengembangan LMS Moodle Berbasis PjBL dengan Pendekatan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kompetensi Junior Web Developer. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 117–130. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71093
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 15

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>