Pengembangan LMS Moodle Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Programmer Dasar di SMK Semen Gresik
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71279Abstract
(1) Kesenjangan antara kebutuhan industri dan kompetensi siswa SMK di bidang pemrograman masih menjadi permasalahan dalam pendidikan kejuruan, yang salah satunya disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang belum mendukung keterlibatan aktif siswa. (2) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Manajemen Pembelajaran berbasis Moodle dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) guna meningkatkan kompetensi dasar siswa dalam mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. (3) Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas XI RPL 1 di SMK Semen Gresik, dengan instrumen berupa validasi media, materi, soal, dan modul ajar oleh ahli. (4) Hasil validasi menunjukkan seluruh komponen termasuk kategori sangat valid dengan skor rata-rata di atas 85%. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang mengindikasikan peningkatan kompetensi siswa. (5) Dengan demikian, implementasi LMS berbasis Moodle dengan pendekatan PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan dasar pemrograman siswa SMK.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 31
,
PDF Downloads: 16
