Rancang Bangun LMS Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Junior Mobile Programmer SMK Negeri 2 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71414Abstract
Kemajuan teknologi menuntut lulusan pendidikan, termasuk SMK, untuk memiliki keterampilan yang relevan seperti kemampuan berpikir kritis. Namun, masih banyak pembelajaran di SMK yang dilakukan secara konvensional, serta kurang mampu mendorong siswa mengembangkan keterampilan aplikatif dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Learning Management System (LMS) berbasis Project Based Learning (PBL) guna meningkatkan kompetensi Junior Mobile Programmer pada siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) melalui mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode R&D secara kuantitatif. Serta model pengembangan ADDIE. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis efektivitas LMS yang dirancang dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun psikomotorik. Efektivitas LMS diuji melalui analisis uji paired sample t-test terhadap nilai pretest dan posttest siswa. Hasil analisis data yang dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan teknik paired sample t-test terhadap hasil pretest dan posttest siswa, menunjukkan kedua uji tersebut menghasilkan nilai signifikan (Sig. 2-tailed) kurang dari 0,001, yang berada di bawah tingkat signifikansi 0,05. Sehingga penggunaan LMS berbasis PJBL dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 24
,
PDF Downloads: 13
