Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Informasi Persediaan Barang Kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 10 Surabaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif selama dua siklus dengan tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi menyajikan data dan menarik kesimpulan, serta analisis data kuantitatif meliputi uji kualitas tes, analisis skor aktivitas belajar siswa, analisis skor aktivitas guru, analisis peningkatan hasil belajar siswa, dan analisis kuesioner respons siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar yaitu sebesar 72,82% pada siklus I menjadi 89,3% pada siklus II, dan peningkatan persentase siswa yang memperoleh skor aktivitas belajar ?80% dari siklus I ke siklus II secara absolut sebesar 42,5%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar dan peningkatan ketuntasan hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Peningkatan rata-rata hasil belajar secara relatif sebesar 8,35% pada siklus I dan 20,27% pada siklus II, dan peningkatan ketuntasan hasil belajar secara absolut sebesar 42,5% pada siklus I dan 47,5% pada siklus II. Peningkatan aktivitas guru dalam mengelola proses belajar mengajar ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor aktivitas guru secara relatif sebesar 19,14%, yaitu sebesar 3,03 pada siklus I dan 3,61 pada siklus II. Respon positif siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dibuktikan dengan hasil analisis kuesioner respons siswa yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang setuju (dengan interpretasi kuat) apabila model pembelajaran ini diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, aktivitas belajar, dan hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

