Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Informasi Persediaan Barang Kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • SITTI ANISAH
  • ROCHMAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 10 Surabaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif selama dua siklus dengan tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi menyajikan data dan menarik kesimpulan, serta analisis data kuantitatif meliputi uji kualitas tes, analisis skor aktivitas belajar siswa, analisis skor aktivitas guru, analisis peningkatan hasil belajar siswa, dan analisis kuesioner respons siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar yaitu sebesar 72,82% pada siklus I menjadi 89,3% pada siklus II, dan peningkatan persentase siswa yang memperoleh skor aktivitas belajar ?80% dari siklus I ke siklus II secara absolut sebesar 42,5%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar dan peningkatan ketuntasan hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Peningkatan rata-rata hasil belajar secara relatif sebesar 8,35% pada siklus I dan 20,27% pada siklus II, dan peningkatan ketuntasan hasil belajar secara absolut sebesar 42,5% pada siklus I dan 47,5% pada siklus II. Peningkatan aktivitas guru dalam mengelola proses belajar mengajar ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor aktivitas guru secara relatif sebesar 19,14%, yaitu sebesar 3,03 pada siklus I dan 3,61 pada siklus II. Respon positif siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dibuktikan dengan hasil analisis kuesioner respons siswa yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang setuju (dengan interpretasi kuat) apabila model pembelajaran ini diterapkan dalam proses belajar mengajar.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, aktivitas belajar, dan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-04

How to Cite

ANISAH, S., & ROCHMAWATI. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Informasi Persediaan Barang Kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25706

Issue

Section

Article
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 66

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>