Perbandingan Hasil Belajar Penerapan PBL Dengan Dan Tanpa Menggunakan LKPD

Authors

  • USWATUN CHASANAH
  • ROCHMAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan dan tanpa menggunakan Lembar Kegiatan Peseta Didik (LKPD). Penelitian ini mempunyai jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan The Noneequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Perbankan menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel kelas X Pb 1 sebagai kelas kontrol dan X Pb 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Dalam teknik analisis data, terdapat uji prasyarat yang terdiri atas uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas yang menggunakan uji Lavene. Sedangkan dalam uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Independent Sample Test. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 44,57% sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,25%. Dimana data pada kelas eksperimen rata-rata nilai posttest sebesar 87,57, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai posttest sebesar 81,42857. Dalam hasil uji Hipotesis menunjukkan bahwa taraf signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05 dan dapat diketahui besarnya thitung (2,660) > ttabel (1,9925), sehingga H? diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan dan tanpa menggunakan LKPD.

Kata Kunci: hasil belajar, Problem Based Learning, Lembar Kegiatan Peserta Didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-05

How to Cite

CHASANAH, U., & ROCHMAWATI. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Penerapan PBL Dengan Dan Tanpa Menggunakan LKPD. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25934

Issue

Section

Article
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 64

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>