Pengembangan Permainan Go-Moku Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI Akuntansi SMK Negeri Di Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk permainan Go-Moku sebagai media pengayaan yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi rekonsiliasi bank kelas XI akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Proses pengembangan media pengayaan permainan Go-Moku ini melalui tahap analisis, design, pengembangan, implementasi dan pada tahap evaluasi tidak dilakukan. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media sebagai penelaah dan validator yang memberikan penilaian terhadap kelayakan materi maupun media. Adapun hasil yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media adalah 81,4% dan 92,7% dengan kriteria sangat layak. Penelitian ini diuji cobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas XI akuntansi SMK Negeri di Surabaya, dan rata-rata presentase hasil uji coba peserta didik sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba secara terbatas, maka dapat disimpulkan yaitu permainan Go-Moku yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan saat program pengayaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Kata Kunci : Go-Moku, media pengayaan, rekonsiliasi bank.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

