Pengembangan Permainan Go-Moku Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI Akuntansi SMK Negeri Di Surabaya

Authors

  • CHE ARRANIRI ALKAHFI
  • SUSANTI

Abstract

 

Abstrak

 

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk permainan Go-Moku sebagai media pengayaan yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi rekonsiliasi bank kelas XI akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Proses pengembangan media pengayaan permainan Go-Moku ini melalui tahap analisis, design, pengembangan, implementasi dan pada tahap evaluasi tidak dilakukan. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media sebagai penelaah dan validator yang memberikan penilaian terhadap kelayakan materi maupun media. Adapun hasil yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media adalah 81,4% dan 92,7% dengan kriteria sangat layak. Penelitian ini diuji cobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas XI akuntansi SMK Negeri di Surabaya, dan rata-rata presentase hasil uji coba peserta didik sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba secara terbatas, maka dapat disimpulkan yaitu permainan Go-Moku yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan saat program pengayaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

 

 

Kata Kunci : Go-Moku, media pengayaan, rekonsiliasi bank.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-05

How to Cite

ARRANIRI ALKAHFI, C., & SUSANTI. (2018). Pengembangan Permainan Go-Moku Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI Akuntansi SMK Negeri Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25935

Issue

Section

Article
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 36

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>