PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH DENGAN BUKU DAN VIDEO SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada implementasi pembelajaran scientific approach dengan buku dan video sebagai bahan pengamatan pada materi Jurnal Penyesuaian kelas X akutansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental dengan rancangan penelitian desain kelompok pre-test post-test kontrol group, populasi penelitian kelas X akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil dengan cara pengambilan sampel secara acak (simple random sampling) dengan sample kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan media pengamatan berupa buku dan kelas X AK 3 sebagai kelas eksperimen dengan media pengamatan berupa video dalam pembelajaran kedua kelas ini menggunakan pembelajaran scientific approach. Berdasarkan uji-t mendapatkan hasil taraf signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 serta nilai t hitung sebesar 4,250 dan t tabel sebesar 2,03224 sehingga t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang menggunakkan media pengamatan berupa video dan peserta didik yang menggunakan media pengamatan berupa buku.
Kata Kunci: Video Pengamatan, Buku, Hasil Belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

