Pengaruh Pembelajaran Manajemen Keuangan, Literasi Keuangan, dan Risk Tolerance Terhadap Perilaku Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Perekonomian suatu negara dan pembangunan nasional tidak terlepas dari aspek pasar modal. Salah satu perilaku pada aspek pasar modal adalah perilaku berinvestasi. Perilaku berinvestasi seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun investor sendiri seringkali melakukan tindakan yang irasional dalam berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran manajemen keuangan, literasi keuangan, dan risk tolerance terhadap perilaku berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik analisis data dengan melakukan analisis regresi linier berganda berbantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial pembelajaran manajemen keuangan, literasi keuangan, dan risk tolerance berpengaruh terhadap perilaku berinvestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: Pembelajaran Manajemen Keuangan, Literasi Keuangan, Risk Tolerance, Perilaku Berinvestasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

