PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SMK
Abstract
Mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah adalah mata pelajaran baru yang termasuk dalam kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan akuntansi. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran belum berbasis kontekstual dan belum sesuai dengan peraturan terbaru terkait penerapan akuntansi berbasis akrual dan peraturan terbaru terkait pengelolaan akuntansi desa sehingga bahan ajar yang digunakan kurang mendukung pembelajaran kurikulum 2013 di SMK. Maka perlu dilakukan pengembangan bahan ajar praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual yang sesuai dengan peraturan terbaru untuk mendukung pembelajaran kurikulum 2013 di SMK. Penelitian ini meghasilkan bahan ajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pendapatan dan belanja untuk kelas XI Akuntansi di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran atau pendiseminasian. Tahap penelitian hanya sampai tahap ketiga yaitu pengembangan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar praktikum akuntansi untuk lembaga/Instansi pemerintah pada materi pendapatan dan belanja satker dan desa / kelurahan. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa akuntansi XI di SMKN 1 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis kontekstual memperoleh persentase rata-rata kelayakan isi bahan ajar 80%, kelayakan penyajian 86,25%, kelayakan bahasa 77,86%, dan kelayakan grafis 96,22%, sehingga rata-rata kelayakan bahan ajar adalah 85,08% dengan kategori sangat layak. Sedangkan, hasil respon peserta didik memperoleh rata-rata 95,62% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: bahan ajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), pendapatan dan belanja satker dan desa / kelurahan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

