PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SMK

Authors

  • LINA ROYANI
  • SUSANTI

Abstract

Mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah adalah mata pelajaran baru yang termasuk dalam kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan akuntansi. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran belum berbasis kontekstual dan belum sesuai dengan peraturan terbaru terkait penerapan akuntansi berbasis akrual dan peraturan terbaru terkait pengelolaan akuntansi desa sehingga bahan ajar yang digunakan kurang mendukung pembelajaran kurikulum 2013 di SMK. Maka perlu dilakukan pengembangan bahan ajar praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual yang sesuai dengan peraturan terbaru untuk mendukung pembelajaran kurikulum 2013 di SMK. Penelitian ini meghasilkan bahan ajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pendapatan dan belanja untuk kelas XI Akuntansi di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran atau pendiseminasian. Tahap penelitian hanya sampai tahap ketiga yaitu pengembangan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar praktikum akuntansi untuk lembaga/Instansi pemerintah pada materi pendapatan dan belanja satker dan desa / kelurahan. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa akuntansi XI di SMKN 1 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis kontekstual memperoleh persentase rata-rata kelayakan isi bahan ajar 80%, kelayakan penyajian 86,25%, kelayakan bahasa 77,86%, dan kelayakan grafis 96,22%, sehingga rata-rata kelayakan bahan ajar adalah 85,08% dengan kategori sangat layak. Sedangkan, hasil respon peserta didik memperoleh rata-rata 95,62% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: bahan ajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), pendapatan dan belanja satker dan desa / kelurahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

ROYANI, L., & SUSANTI. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29897

Issue

Section

Article
Abstract views: 3 , PDF Downloads: 201

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>