PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN BERBASIS BOARD GAME BERUPA TICKET TO RIDE ACCOUNTING PADA MATERI POKOK BAHASAN AKUNTANSI PIUTANG PADA SMK NEGERI SURABAYA
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan media pengayaan permainan Ticket to Ride Accounting. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Disseminate) dari Thiagarajan. Proses pengembangan dilakukan sesuai dengan tahapan model pengembangan 4D yaitu melalui tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, untuk tahap penyebaran tidak dilakukan. Setelah proses pengembangan sesuai dengan tahap yang ada dilakukan kegiatan penilaian terhadap media Ticket to Ride Accounting. Untuk menilai kelayakan media yang dikembangkan dilakukan kegiatan telaah dan validasi oleh para ahli, serta dilakukannya kegiatan uji coba secara terbatas kepada 20 peserta didik. Hasil validasi pengembangan media pengayaan Ticket to Ride Accounting dari ahli materi dan ahli media dengan rata-rata prosentase sebesar 84,3% dan 90% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan, hasil uji coba kepada peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 95,5% dengan kriteria sangat paham. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pengayaan Ticket to Ride Accounting pada materi pokok bahasan akuntansi piutang sangat layak digunakan sebagai media pengayaan di sekolah.
Kata Kunci: pengembangan, media pengayaan, ticket to ride accounting, akuntansi piutang
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

