PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EBOOK PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SMK
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar e-book pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual untuk SMK. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar e-book, menganlisis kelayakan bahan ajar e-book, dan menganalisis respon peserta didik terhadap bahan ajar e-book. Penelitian pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu pedefinisian, perancangan, dan pengembangan, tahap penyebaran tidak dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMKN 1 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata rata kelayakan yang diperoleh dari para ahli sebesar 84,6% dengan kriteria sangat layak. Komponen kelayakan materi memperoleh hasil sebesar 86,4% dengan kriteria sangat layak, komponen kelayakan bahasa sebesar 83,8% dengan kriteria sangat layak, dan komponen kelayakan grafis memperoleh hasil sebesar 84,3% dengan kriteria sangat layak. Uji coba produk juga menunjukkan bahan ajar e-book yang dikembangkan mendapat respon baik dari para peserta didik dengan perolehan hasil respon peserta didik sebesar 96,1% dengan kriteria sangat dipahami.
Kata Kunci: Bahan Ajar E-book, Kontekstual, Praktikum Akuntansi Lembaga
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

