Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik
Abstract
Setiap individu memiliki karakteristik dan kecenderungan perilaku keuangan yang berbeda-beda, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, dan pendapatan secara simultan dan parsial terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik yang berjumlah 113 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah 59 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, dan pendapatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (2) pembelajaran akuntansi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (3) literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (4) pendapatan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan.
Kata Kunci: pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, pendapatan, dan perilaku keuangan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

