PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO KELAS XI PERBANKAN UNTUK SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media pembelajaran video yang akan digunakan sebagai bahan pengamatan pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro untuk siswa SMK kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Reiser dan Mollenda. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Data diinterpretasikan berdasarkan perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman.
Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berupa video. Media telah melalui tahap telaah dan validasi terlebih dahulu oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media. Uji coba produk dilakukan secara terbatas kepada 20 siswa kelas XI Perbankan SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 82%, validasi ahli media 80%, dan respon siswa diperoleh sebesar 92,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Pengamatan, Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

