Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, baik pengaruh secara individu tiap variabel independen maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal yaitu mencari hubungan sebab akibat dari variabel-variabel penelitian. Pendekatan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket. Penelitian ini menggunakan analisis jalur atau path analiysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar baik secara parsial maupun simultan. Nilai signifikansi t hitung, baik variabel kecerdasan emosional maupun variabel disiplin belajar adalah sebesar t =0,00 < a = 0,05. Dan nilai signifikansi F hitung sebesar 0,00 < a = 0,05. Variabel independen (kecerdasan emosional dan disiplin belajar) mempengaruhi variabel hasil belajar sebesar 48,6% sedangkan 51,4% lainnya dipengaruhi variabel diluar peenelitian.
Kata Kunci : Minat baca, penggunaan gadget, hasil belajar
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 1599