Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk

  • LISA FEBRIANTI
  • LUCKY RACHMAWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, baik pengaruh secara individu tiap variabel independen maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal yaitu mencari hubungan sebab akibat dari variabel-variabel penelitian. Pendekatan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket. Penelitian ini menggunakan analisis jalur atau path analiysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar baik secara parsial maupun simultan. Nilai signifikansi t hitung, baik variabel kecerdasan emosional maupun variabel disiplin belajar adalah sebesar t =0,00 < a = 0,05. Dan nilai signifikansi F hitung sebesar 0,00 < a = 0,05. Variabel independen (kecerdasan emosional dan disiplin belajar) mempengaruhi variabel hasil belajar sebesar 48,6% sedangkan 51,4% lainnya dipengaruhi variabel diluar peenelitian.

Kata Kunci : Minat baca, penggunaan gadget, hasil belajar






Published
2018-07-20
How to Cite
FEBRIANTI, L., & RACHMAWATI, L. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1452
PDF Downloads: 1599