PENGARUH MINAT BACA DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS MA AL-HIDAYAH BANGKALAN

  • SAYIDATI HAPSARI
  • LUCKY RACHMAWATI

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS MA Al-Hidayah baik secara parsial maupun silmutan. Jenis penelitian ini menggunakan asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup. Analisis yang digunakan yaitu analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada uji t minat baca secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Sedangkan penggunaan gadget secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi. Pada uji f minat baca dan penggunaan gadget secara silmultan bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS MA Al-Hidayah Bangkalan. Dari hasil tersebut peneliti harapkan semua pihak baik orang tua maupun sekolah pada khususnya guru dapat lebih mengawasi, menasehati atau memotivasi dan memberikan fasilitas yang mereka butuhkan dalam menambah minat baca dan penggunaan gadget. Bagi peserta didik sendiri harus bijak dalam penggunaan gadget dan sadar akan pentingnya membaca.

Kata Kunci : Minat baca, penggunaan gadget, hasil belajar

Published
2018-07-06
How to Cite
HAPSARI, S., & RACHMAWATI, L. (2018). PENGARUH MINAT BACA DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS MA AL-HIDAYAH BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 936
PDF Downloads: 2200