Pengembangan Permainan Ultako Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Taman

  • RUSTIANA KUSUMA WARDANI
  • LUCKY RACHMAWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengembangkan media pembelajaran ultako, mendeskripsikan kelayakan media ultako, mendeskripsikan respon, dan mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Taman.. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media ular tangga dibuat menggunakan aplikasi CorelDraw X7; (2) Kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapat nilai 97,91% masuk kriteria sangat baik, kelayakan materi oleh ahli materi mendapat nilai 99,3% masuk kriteria sangat baik, dan kelayakan media oleh ahli media mendapat nilai 90% masuk kriteria sangat baik; (3) Respon siswa mendapat nilai 97% masuk dalam kriteria sanagt baik atau sanagt tertarik; (4) Aktivitas belajar siswa meningkat dari 52,88% menjadi 81,15%, berdasarkan uji T nilai α=0,000 < α=0,05 sehingga media efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa. Serta hasil belajar meningkat dari 65,8 menjadi 82,45, berdasarkan uji T nilai α=0,000 < α=0,05, sehingga media efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga media ular tangga ekonomi dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan efektif untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: media ular tangga, kelayakan media, aktivitas, hasil belajar siswa

Published
2018-07-20
How to Cite
KUSUMA WARDANI, R., & RACHMAWATI, L. (2018). Pengembangan Permainan Ultako Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Taman. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 219