PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS 6 BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL KELAS XI IPS SMA

  • MOCHAMAD RIZKY KURNIAWAN
  • LUCKY RACHMAWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya 1) Menganalisis pengembangan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi perdagangan internasional di SMA 2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi perdagangan internasional berdasarkan validasi para ahli 3) Menganalisis respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi perdagangan internasional di SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap pengembangan yang digunakan hanya terbatas pada 6 (enam) tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Driyorejo. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen berupa angket validasi materi, media dan respon siswa. Hasil penelitian ini yaitu 1) mengembangkan aplikasi berbasis android 2) media pembelajaran yang dikembangkan mendapat rata-rata penilaian “sangat layak” berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh presentase 97% dengan kriteria “sangat layak” validasi ahli media memperoleh prosentase sebesar 91% 3) respon siswa memperoleh presentase sebesar 91,67% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis android yang dikembangkan “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : Media pembelajaran, android, perdagangan internasional

The purpose of this research are 1) To analyze product development in the form of interactive android based learning media on international trade material in SMA 2) To analyze the feasibility of interactive android based interactive media on international trade material based on the validation of experts 3) To analyze the response of learners to the development of interactive learning media based android on international trade material in high school. The type of this research is Research and Development (R & D) with Borg and Gall development model consisting of 10 development model used is limited to only 6 (six) stages. The subjects of this study are students of class XI Social SMAN 1 Driyorejo. The types of data in this study include quantitative and qualitative data with the instrument in the form of questionnaire of material validation, media validation and the questionnaire response of learners. The results of this study 1) developed android-based obtain 2) the average assessment "very feasible" based on the validation results of the material experts get a percentage of 97% with the criteria "very feasible", media expert validation obtained percentage of 91%. 3) the response of learners obtained a percentage of 91.67% with the criteria "very feasible". So it can be concluded that the android-based interactive media developed "very feasible" used in learning.

Keywords: Learning Media, Android, International Trade.

Published
2018-09-05
How to Cite
RIZKY KURNIAWAN, M., & RACHMAWATI, L. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS 6 BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL KELAS XI IPS SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 253
PDF Downloads: 403