Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IS di SMAN 1 Kota Mojokerto

  • Lucky Bima Bima Iswan Prayoga universitas negeri surabaya
  • Lucky Rachmawati universitas negeri surabaya
Keywords: motivasi belajar intrinsik, motivasi belajar ekstrinsik, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa merupakan tujuan peneliti dalam melakukan penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengukuran skala menggunakan skala Linker. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Mojokerto merupakan populasi yang dipakai dalam penelitian. Teknik random sampling yang digunakan dalam melakukan penelitian.. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Kuesioner diguakan menjadi data primer, sedangkan data dari sekolahdigunakan menjadi data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 25. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis pertama tidak terbukti mempunyai pengaruh terhadap variabel X1 dengan variabel Y parsial. Maka variabel Y siswa tidak ditentukan oleh variabel X1. Hipotesis kedua dalam penelitian ini terbukti benar, yaitu variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Semakin tinggi variabel Y maka semakin tinggi pula variabel Y peserta didik. Sebaliknya jika variabel X2 rendah maka semakin rendah pula variabel Y peserta didik. Hipotesis ketiga dalam penelitian ini dibuktikan kebenarannya, pengaruh variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y. Artinya semakin tinggi variabel X1 dan X2 maka semakin tinggi pula variabel Y peserta didik begitu pula sebaliknya, bila variabel X1 dan X2 rendah maka variabel Y peserta didik akan rendah.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). “Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Jakarta: Rinneka Cipta.
Dalyono, M. (2005). “Psikologi Pendidikan”. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Haryati, Mimin. (2007). “Model dan Teknik Penilaian pada tingkat satuan pendidikan”, Jakarta: Gaung Persada Press.
Mudjiman, Haris. (2007). “Belajar Mandiri”. Surakarta: UNS Press.
Prayitno, Elida. (1989). “Motivasi Dalam Belajar dan Berprestasi”. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sardiman AM. (2014). “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2020-12-28
How to Cite
Iswan Prayoga, L. B., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IS di SMAN 1 Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(1), 31-35. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p31-35
Section
Articles
Abstract Views: 649
PDF Downloads: 475