Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%25pAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel random sampling dengan jumlah sebesar 69 peserta didik. Analisis yang digunakan yaitu uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian nilai uji t pada gaya belajar sebesar 0,716 dapat disimpulkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh secara parsial. Sedangkan motivasi belajar diketahui bahwa nilai uji t sebesar 0,020, maka motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Pada uji f diketahui nilai sebesar 0,018, maka gaya belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Kemala Bhayangkari. Dari hasil penelitian ini diharapkan peserta didik dapat termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar. Sedangkan guru dapat memberikan motivasi berupa menciptakan kondisi kelas yang kondusif serta memberikan hadiah kepada siswa yang hasil belajarnya meningkat.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil BelajarDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.