Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

  • MUHAMMAD IRSYAD ALIM
  • LUCKY RACHMAWATI

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel random sampling dengan jumlah sebesar 69 peserta didik. Analisis yang digunakan yaitu uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian nilai uji t pada gaya belajar sebesar 0,716 dapat disimpulkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh secara parsial. Sedangkan motivasi belajar diketahui bahwa nilai uji t sebesar 0,020, maka motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Pada uji f diketahui nilai sebesar 0,018, maka gaya belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Kemala Bhayangkari. Dari hasil penelitian ini diharapkan peserta didik dapat termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar. Sedangkan guru dapat memberikan motivasi berupa menciptakan kondisi kelas yang kondusif serta memberikan hadiah kepada siswa yang hasil belajarnya meningkat.

Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Published
2018-07-20
How to Cite
IRSYAD ALIM, M., & RACHMAWATI, L. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 516
PDF Downloads: 450