Pengembangan Media Permainan King Of Trade Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IPS Di SMAN 1 Krembung

  • ARINA SABILLA HAQ
  • DHIAH FITRAYATI

Abstract

Tingginya tingkat penggunaan media PowerPoint serta belum adanya variasi media pembelajaran lainnya di kelas membuat peserta didik cenderung bosan dan memberikan respon yang kurang positif. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan media serta respon peserta didik terhadap permainan King Of Trade. Model yang digunakan adalah 4D Models menurut Thiagaradjan yang terbatas sampai pada tahap pengembangan (develop). Hasil penelitian yang diperoleh melalui validasi ahli evaluasi, ahli media, serta respon peserta didik yaitu validasi oleh ahli evaluasi menunjukkan bahwa isi butir soal yang disajikan pada media permainan King Of Trade telah sesuai dengan indikator penilaian ahli evaluasi, persentase rata-rata hasil validasi oleh ahli media sebesar 88,57% menunjukkan kategori penilaian media sangat layak, kemudian rata-rata hasil persentase respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan sebesar 99,50% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan King Of Trade sebagai media pembelajaran sangat layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dikelas untuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran.

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, media pembelajaran, kelayakan media

Published
2018-07-30
How to Cite
SABILLA HAQ, A., & FITRAYATI, D. (2018). Pengembangan Media Permainan King Of Trade Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IPS Di SMAN 1 Krembung. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 553