STRATEGI GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n4.p297-312Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Prakarya dan Kewirausahaan dalam
membentuk karakter kreatif peserta didik di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode pengumpulan
data menggunakan observasi non-partisipant, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Prakarya dan Kewirausahaan dalam membentuk
karakter kreatif melalui pribadi yaitu ekspresi dari keunikan individu contoh dari pribadi guru
Prakarya dan Kewirausahaan dapat berperilaku mengembangkan suatu karya dengan memberikan,
berjualan lewat media social, melalui pendorong dengan motivasi, media dan metode pembelajaran
yang menarik, melalui proses dengan merangsang peserta didik untuk melibatkan dirinya dalam
kegiatan kreatif, dengan membantu mengusahakan sarana prasarana yang diperlukan, melalui
produk merupakan dorongan dari faktor internal dan eksternal secara kreatif, maka produk-produk
kreatif akan bermakna.
Kata Kunci: Strategi Guru Prakarya dan Kewirausahaan, Karakter, Kreatif, Peserta Didik
Abstract
This study aimed to describe and Entrepreneurship Strategy Master craft creative in shaping the
character of the students at SMAN 2 in Mojokerto. Methods of data collection using non-partisipant
observation, semi-structured interviews and documentation. Data analysis technique used is data
reduction, data presentation and conclusion. The results showed that the strategy of teachers craft
and Entrepreneurship in shaping the character creatively through personal that is the expression of
the uniqueness of individual examples of teachers' personal craft and Entrepreneurship can behave
develop a work by providing, selling through social media, through the driving motivation, media
and learning methods Interestingly, through the process by stimulating learners to engage
themselves in creative activities, to help commercialize the necessary infrastructure, through the
product a boost of internal and external factors creatively, then the creative products will be
meaningful.
Keywords: craft Guru Strategy and Entrepreneurship, Character, Creative, Student
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-01-28
How to Cite
Fitriatussa’diyah, N., & Harmanto, H. (2016). STRATEGI GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(1), 297–312. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n4.p297-312
Issue
Section
Articles

