PERAN SINGLE MOTHER DALAM MENGEMBANGKAN MORALITAS ANAK DI KELURAHAN WONOKROMO KECAMATAN WONOKROMO SURABAYA

  • MUFID WIDODO

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran single mother dalam mengembangkan moralitas anak dan strategi single mother dalam menghadapi masalah selama proses pengembangan moralitas anak. Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran single mother dalam mengembangkan moralitas anak; dan (2) strategi single mother dalam menghadapi masalah selama proses pengembangan moralitas anak.

Teori yang digunakan adalah teori sosialisasi “I” dan “Me” dari Mead. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan metode naratif. Lokasi penelitian berada di kelurahan Wonokromo Surabaya. Informan pada penelitian ini berjumlah empat single mother. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan: (1) mengolah data; (2) kategorisasi pola jawaban; (3) pengecekan temuan data dengan triangulasi dan member checking; (4) menulis hasil penelitian.

Hasil temuan menunjukkan bahwa peran single mother dalam mengembangkan moralitas anak adalah: (1) membangun pengertian atas status yang disandang; (2) menjadi ibu yang “demokratis sekaligus taktis”. Strategi single mother dalam menghadapi permasalahan adalah: (1) berbagi masalah dengan orang terpercaya; (2) lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Me” berlaku ketika mereka menjadi single mother yang diharapkan oleh masyarakat. Sebaliknya, “I” berlaku ketika berusaha memaksakan nilai moral keluarga kepada anak, meskipun ada perbedaan dengan persepsi masyarakat sekitar.

Published
2013-01-31
How to Cite
WIDODO, M. (2013). PERAN SINGLE MOTHER DALAM MENGEMBANGKAN MORALITAS ANAK DI KELURAHAN WONOKROMO KECAMATAN WONOKROMO SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 20-38. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p20-38
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 427