PENANAMAN NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO

  • NOVITASARI Iriane IRIANE RAWANTINA

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo (2) Apa hambatan menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme pada siswa kelas X? (3) Bagaimana upaya guru PKn mengatasi hambatan dalam penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo?

Penelitian ini terkait dengan proses penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme yang disertai dengan hambatan dan upaya dalam penanaman nilai nasionalisme dan patriotimse di kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Data diperoleh dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam serta dokumentasi.

Hasil penelitian disimpulkan dalam tiga masalah, yaitu: (1) nasionalisme dan patriotisme tidak hanya ditanamkan pada mata pelajaran dan perangkat pembelajaran. (2) hambatan berupa IPTEK, pemikiran siswa, dan didikan orang tua. (3) upaya berupa kegiatan formal dan non formal yang ada di sekolah.

Published
2013-01-31
How to Cite
IRIANE RAWANTINA, N. (2013). PENANAMAN NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 39-54. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p39-54
Abstract Views: 959
PDF Downloads: 2608