STRATEGI PEMBENTUKAN DISIPLIN SISWA MELALUI PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 1 KRIAN SIDOARJO

  • ANIKA Herman HERMAN PRATAMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi pembentukan disiplin siswa melalui pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Krian kabupaten Sidoarjo; (2) mengetahui kendala yang dialami dan upaya mengatasi kendala yang dialami dalam pembentukan disiplin siswa melalui pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Krian kabupaten Sidoarjo.

Penelitian diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil data penelitian akan dianalisis dengan teori belajar sosial Albert Bandura.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan yaitu: (1) keteladanan; (2) pembiasaan; (3) komunikasi; (4) pelatihan; (5) pemberian reward/hadiah dan punishment/hukuman. Sedangkan kendala-kendala yang dialami yaitu kurangnya kesadaran diri siswa, pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pergaulan, kurangnya pengawasan dan pembiasaan disiplin dari orang tua, minimnya pengetahuan siswa terhadap tata tertib, serta kurangnya hubungan interpersonal antara konselor dan wali kelas dengan siswa. Cara mengatasi kendala yaitu mengajak orang tua siswa bekerja sama dengan pihak sekolah, pembiasaan disiplin di dalam keluarga, meningkatkan kinerja tim tata tertib sekolah, penindak lanjutan administrasi piket tim tata tertib dan guru, serta meningkatkan hubungan interpersonal antara konselor dan wali kelas dengan siswa.

Published
2013-01-31
How to Cite
HERMAN PRATAMA, A. (2013). STRATEGI PEMBENTUKAN DISIPLIN SISWA MELALUI PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 1 KRIAN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 84-100. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p84-100
Abstract Views: 479
PDF Downloads: 2198