PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 6 MOJOKERTO MELALUI KEGIATAN UPACARA BENDERA

  • AGISTA Rizky RIZKY RIDHA AYU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana peran upacara bendera dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri 6 Mojokerto, (2) mengetahui karakter apa saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan upacara bendera di SMP Negeri 6 Mojokerto.

Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dilakukan di SMP Negeri 6 Mojokerto dan dilaksanakan pada bulan maret – april 2012. Informan berjumlah 10 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Pembina dan pelatih kegiatan upacara bendera, guru PKn SMP Negeri 6 Mojokerto, serta OSIS yang menjadi petugas upacara dan siswa yang tidak menjadi petugas upacara dengan menggunakan teknik Judgement Sampling (sampling pertimbangan). Sumber data penelitian ini terdiri dari informan penelitian, sumber tertulis (Dokumen) dan foto tentang kegiatan upacara bendera. Data penelitian diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran upacara bendera dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri 6 Mojokerto yaitu sangat besar. Sedangkan karakter yang dapat dibentuk melalui upacara bendera di SMP Negeri 6 Mojokerto yaitu karakter disiplin, tanggung jawab, semangat kebangsaan serta percaya diri.

Kata kunci: Pembentukan Karakter, Upacara Bendera.
Published
2013-01-31
How to Cite
RIZKY RIDHA AYU, A. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 6 MOJOKERTO MELALUI KEGIATAN UPACARA BENDERA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 148-164. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p148-164
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 129