FENOMENA PERILAKU FANATISME SUPORTER SEPAK BOLA (STUDI KASUS KOMUNITAS SUPORTER PERSEBAYA BONEK DI SURABAYA)

  • NOVIE Lucky LUCKY A

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gambaran perilaku fanatisme Bonek mendukung Persebaya, (2) menguraikan faktor penyebab timbulnya perilaku fanatisme. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan desain studi kasus di wilayah Surabaya.

Penelitian ini terkait dengan Bonek yang terkoordinir maupun tidak dari berbagai komunitas baik saat pertandingan berlangsung maupun di luar pertandingan. Data diperoleh dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil data penelitian akan dianalisis dengan teori perilaku kolektif Smelser dan konsepsi tentang fanatisme.

Simpulan hasil penelitian menunjukkan  perilaku fanatisme Bonek yaitu (1)  mendukung Persebaya kapanpun dan di manapun bertanding; (2) loyalitas tanpa batas; (3) Bonek: lambang keberanian sebagai representatif perilaku; (4) bagimu Persebaya, bagimu Indonesia; (5) demokrasi ala suporter Bonek. Selain itu, juga diketahui beberapa faktor penyebab perilaku fanatisme Bonek antara lain: konteks sosial, pendidikan,usia, identitas kultur budaya “arek”, ekonomi, media massa, serta lingkungan baik dari keluarga, teman, dan masyarakat. Perilaku fanatisme Bonek juga disebabkan oleh pemain, pelatih, wasit, dan penonton serta keterlibatan pemimpin dalam komunitas.

 

Kata kunci:  perilaku fanatisme, Bonek, Persebaya

Published
2013-01-31
How to Cite
LUCKY A, N. (2013). FENOMENA PERILAKU FANATISME SUPORTER SEPAK BOLA (STUDI KASUS KOMUNITAS SUPORTER PERSEBAYA BONEK DI SURABAYA). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 180-195. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p180-195
Abstract Views: 387
PDF Downloads: 1258