STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA DI SMP NEGERI I PAPAR KEDIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam menangani pelanggaran tata tertib di SMP Negeri 1 Papar Kediri. Jenis penelitian ini adalah deskripif kuantitatif. Pengumpulan data dengan teknik angket, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif menggunakan prosentase.
Hasil temuan penelitian ini bahwa strategi sekolah menangani pelanggaran tata tertib pada siswa SMP Negeri 1 Papar yaitu: (1) penanganan guru, meliputi: (a) menasehati, (b) memberikan hukuman bagi pelanggar tata tertib. (2) penanganan Sekolah, meliputi: (a) memberikan scor pelanggaran (b) kerjasama sekolah dengan orang tua siswa. Serta dapat pula disimpulkan bahwa guru sudah memberikan cara yang baik untuk menangani pelanggaran tata tertib pada siswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga tidak sewenang-wenang memberikan hukuman kepada siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan serta dalam membinan akhlak dan menanggulangi pelanggaran tata tertib di sekolah.
Kata kunci : Strategi, Pelanggaran Tata tertib, dan Hukuman.
PDF Downloads: 4231