STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA DI SMP NEGERI I PAPAR KEDIRI

  • AYU Diyah DIYAH MARLIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan strategi sekolah dalam menangani pelanggaran tata tertib di SMP Negeri 1 Papar Kediri. Jenis penelitian ini adalah deskripif kuantitatif. Pengumpulan data dengan teknik angket, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif menggunakan prosentase.

Hasil temuan penelitian ini bahwa strategi sekolah menangani pelanggaran tata tertib pada siswa SMP Negeri 1 Papar  yaitu: (1) penanganan guru, meliputi: (a) menasehati, (b) memberikan hukuman bagi pelanggar tata tertib. (2) penanganan Sekolah, meliputi: (a) memberikan scor pelanggaran (b) kerjasama sekolah dengan orang tua siswa. Serta dapat pula disimpulkan bahwa guru sudah memberikan cara yang baik untuk menangani pelanggaran tata tertib pada siswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga tidak sewenang-wenang  memberikan hukuman kepada siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan serta dalam membinan akhlak dan menanggulangi pelanggaran tata tertib di sekolah.

 

Kata kunci : Strategi, Pelanggaran Tata tertib, dan Hukuman.
Published
2013-01-31
How to Cite
DIYAH MARLIANA, A. (2013). STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA DI SMP NEGERI I PAPAR KEDIRI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 232-240. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p232-240
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 4231