PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DAN DISIPLIN DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 NGANJUK

  • PRAMITA ANGGARINI

Abstract

Motivasi dan disiplin merupakan salah satu faktor yang memperngaruhi hasil belajar siswa, Disiplin dapat tumbuh dan dibina melalui latihan, pendidikan atau penanaman kebiasaan dimulai sejak dalam lingkungan keluarga, mulai pada masa kanak-kanak dan terus tumbuh berkembang sehingga menjadi disiplin yang semakin kuat,Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi perkembangan anak. Di dalam keluarga seorang anak mengalami proses sosialisasi untuk pertama kalinya, di mana dalam  proses ini seorang anak diajarkan dan dikenalkan berbagai nilai kehidupan yang sangat berguna dan menentukan bagi perkembangan anak di masa depan. Walaupun anak sudah bersekolah peranan keluarga (orang tua) dalam keberhasilan belajar anak-anaknya masih sangat penting.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan motivasi dan disiplin dalam keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Pendekatan ini dipilih dengan pertimbangan ingin memperoleh gambaran tentang Pengaruh penerapan motivasi dana disiplin keluarga dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian di mulai dari tahapan – tahapan sebagai berikut : Tahap persiapan, Tahap pembuatan instrumen, Tahap pelaksanaan pengambilan data, Analisis data, Tahap pembuatan laporan. Menggunakan  populasi dan sample, dengan teknik pengumpulan data: metode angket/ kuesioner, wawancara.

Kata kunci : Motivasi, Disipin, Hasil belajar

Published
2013-01-31
How to Cite
ANGGARINI, P. (2013). PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DAN DISIPLIN DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 NGANJUK. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 241-256. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p241-256
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 56