STRATEGI DAN HASIL PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK

  • DEFA MASHURI

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1).untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dan guru dalam menanamkan Pendidikan Budi Pekerti pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. (2).untuk mengetahui hasil penanaman Pendidikan Budi Pekerti pada kelas XI di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik terkait perilaku siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan perhitungan persentase. Populasinya adalah 45 siswa kelas XI IPA - IPS diambil 15% dari tiap kelas XI sesuai jumlah siswa dalam kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam strategi dan hasil pendidikan budi pekerti yang sudah ditanamkan oleh guru dan kepala sekolah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Hasilnya 92,68% atau dalam kategori amat baik.

Bahwa strategi yang banyak dan sering digunakan oleh guru adalah Strategi Keteladanan atau contoh, Teguran, Tindakan dan Pembiasaan yang digunakan oleh guru mata pelajaran PKn, Agama Islam, Agama Kristen, BK sudah dilaksanakan dengan baik disesuaikan dari sifat, karakter dan kondisi siswa per kelas pada siswa kelas XI.

 

Kata kunci : Pendidikan Budi Pekerti

Published
2013-01-31
How to Cite
MASHURI, D. (2013). STRATEGI DAN HASIL PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 288-305. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p288-305
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 31