KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KOMANDO PASUKAN KHUSUS SISWA (KOPASSUSWA) DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SMKN 1 KEDIRI

  • ATSNA AFIDATUL UMAH

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan gambaran yang sebenarnya tentang bagaimana program dan bentuk kegiatan ekstrakurikuler Komando Pasukan Khusus Siswa (Kopassuswa) yang digunakan untuk membentuk sikap kepemimpinan siswa.Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif Huberman dan Miles.Informandalam penelitian ini berjumlah lima yang terdiri dari satu Pembina ekstrakurikuler Kopassuswa dan empat anggota yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Kopassuswa. Dan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kegiatan ekstrakurikuler Kopassuswa yang digunakan untuk membentuk sikap kepemimpinan siswa yaitu: Kegiatan Penerimaan dan pelantikan Anggota Baru (PAB) dapat membentuk sikap disiplin, tanggung jawab dan terampil. Kegiatan Materi rutin Kopassuswadapat membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, jujur dan kerjasama.Kegiatan Latihan Lapangan Rutin dapat membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, jujur, terampil dan percaya diri.   Kegiatan Latihan PBB (Pelatihan Baris Berbaris) dapat membentuk sikap disiplin, tanggung jawab,  terampil, kerjasama dan percaya diri.  Kegiatan Latgab (Latihan Gabungan) dapat membentuk sikap disiplin dan sikap kerjasama dalam diri siswa.Kegiatan Penempuhan Badge Kopassuswa dapat membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab.Kegiatan Bina fisik dan mental (Bifistal) dapat membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab.

Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Komando Pasukan Khusus Siswa , Kepemimpinan.

 

Abstract

The purpose of of this research is to describe the actual description of how the form of extracurricular activities Students special forces commandKopassuswaused to shape the attitudes of leadership students. Descriptive qualitative method is used in this research and the data is collected by observation, interview and documentation. Technique of data analysis in this researchuses qualitative data analysis using interactive analysis model Huberman and Miles.The result of this research showing that its extracurricular activities kopassuswa used to form a leadership students are: the reception and the inauguration of new members (PAB) can form discipline attitude, responsibilities and skilled. The routine material kopassuswa can form discipline attitude, responsibility, honest and cooperation. The regular exercise field can form discipline attitude, responsibility, honest, skilled and confident. The un training exercises (marching) can form discipline attitude, responsibility, skilled, cooperation and confident. Combined Exercisescan form discipline attitude and attitude cooperation in students. Badge kopassuswa can form discipline attitude and responsibilities.

Keywords:Extracurricular Activities, Student Special Forces Command (Kopassuswa), Leadership.

 

 

Diterbitkan
2016-05-19
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 58