PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN PPKn UNTUKPENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL KELAS VII SMPN 1 SIDOARJO

  • DEDY ANGGA YUSPIKA

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk memaparkan tentang penerapan model inkuiri dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP negeri 1 Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto dengan mengguunakan teknik sampling yaitu purposive sampling serta tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif menggunakan persentase.Hasil untuk penerapan model inkuiri yaitu merumuskan problema sendiri 92,78%, mengembangkan hipotesis 92,8%, mendifinisikan konsep 97,83%, menganalisis data 94,47%, menyimpulkan 93,74%, mengembangkan keterampilan sosial yaitu kemampuan berinteraksi dengan orang lain 92%, kemampuan menghargai orang lain 86%, kemampuan meningkatkan kualitas diri 90,79%.

Kata kunci : Model inkuiri, PPKn, keterampilan sosial

Abstract

The purpose of this study to explain about the application of the inquiry model in developing social skills of students at junior high school 1 Sidoarjo. This study uses a quantitative approach with the method of Ex Post Facto with to use sampling technique is purposive sampling and data collection techniques using questionnaires and documents. Data analysis technique used is quantitative descriptive analysis technique using percentages. The results for the application of the inquiry model is to formulate problems of its own 92.78 % , 92.8 % develop hypotheses , defining the concept of 97.83 % , 94.47 % analyzing data , concluded 93.74 % , develop social skills is the capability to interact with the others 92 % , the capability to respect others 86 % , the capability to improve the quality of self- 90.79 % .

Keywords: Model inquiry and social skills

Diterbitkan
2016-05-19
Abstract Views: 141
PDF Downloads: 81