PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MEMBENTUK SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMPN 4 JOMBANG

  • TRI VITA WULANDARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan rumusan masalah tentang Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PLH dalam membentuk sikap peduli lingkungan siswa di SMPN 4 Jombang? dan Bagaimanakah gambaran sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan setelah pembelajaran PLH di SMPN 4 Jombang ?Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PLH yang dilakukan guru dalam membentuk sikap peduli lingkungan siswa di SMPN 4 Jombang dan untuk mendeskripsikan gambaran sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan setelah pembelajaran PLH di SMPN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuatitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di SMPN 4 Jombang, Kecamatan Banjardowo, Kabupaten Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PLH (wali Kelas VIII) dan siswa Kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keberhasilan dari strategi pembelajaran yang dilakukan Guru PLH telah membuahkan hasil berupa terbentuknya sikap peduli lingkungan pada diri siswa dalam melestarikan lingkungan sekitarnya seperti menjaga kebersihan, merawat tanaman, memanfaatkan barang bekas. Melalui strategi Guru PLH juga ditunjang dengan kebijakan sekolah yang dilakukan dalam praktek pembelajaran PLH seperti pembiasaan rutin, pengembangan budaya sekolah dan kegiatan daur ulang barang bekas dengan kegiatan tersebut siswa dapat dengan mudah memahami PLH sehingga dengan sendirinya terbentuk sikap peduli lingkungan.

Kata kunci: PLH, strategi pembelajaran, sikap peduli lingkungan.

Abstract

This research aims to solve the problem formulation of how is the implementation of EE in creating environmentally conscious attitude in students at SMPN 4 Jombang? And How is the description of students consciousness towards to environment after the EE in SMPN 4 Jombang? The aim of this research is to describe the implementation of EE that is done by the teachers to create the environmentally conscious attitude in students of SMPN 4 Jombang and also to describe the attitude of the students towards the environment after EE in SMPN 4 Jombang. This research used qualitative descriptive method, and located in SMPN 4 Jombang, Banjardowo district, Jombang regency. The populations are teachers of EE, and 8th grade students. This research used questionnaire, observation, and documentation to collect data. The result of this research shows that the success of learning strategy that is done by the teachers to the students produced the environmentally conscious attitude in students to conserve the environment, such as keeping the environment clean, conserving plans, utilizing secondhand stuff, etc. Through this strategy, the teachers of EE are also being supported by school policy that is done in the practice of EE such as habituation, developed school cultures, and recycling activities. Through activities, students can easily understand EE, so that their environmental consciousness can be.

Keywords: EE, learning strategies for EE, attitude of environmental care.

 

Published
2016-07-21
How to Cite
VITA WULANDARI, T. (2016). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MEMBENTUK SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMPN 4 JOMBANG. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 185