PEMANFAATAN PERUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA DI SMA NEGERI 2 MOJOKERTO

  • SULIS TIAWAN

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa pada mata semua mata pelajaran di SMA Negeri 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan persentase. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diambil dengan menggunkan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 147 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan perpustakaan sekolah berdasarkan waktu kunjungan yaitu siswa mengunjungi perpustakaan sekolah atas perintah dari guru. Kegiatan siswa yang dilakukan ketika berada di perpustakaan adalah membaca buku, alasan siswa menggunkan perpustakaan adalah karena koleksi lengkap dan manfaat yang diperoleh sebagai sumber informasi tambahan, menambah wawasan, memperoleh informasi terbaru dan akurat.

Kata Kunci: Perpustakaan, Sumber Belajar

Abstract

The purpose of this study is to describe the utilization of the school library as a learning resource for students in all subjects at SMAN 2 Mojokerto. This research use quantitative approach using the descriptive method. Analysis of the data used in this research is descriptive with percentage. The data collected using a questionnaire _ taken by using simple random sampling technique. The sample in this study were 147 students. The results from the study showed that students using the school library based on the time of the visit that the students visit the school library on the orders of the teacher. Student activities _ carried out when he was in the library are reading a book, why students use the library because the complete collection and the benefits derived as a source of additional information, add insight, obtain current and accurate information

Keywords: Library, Learning Resources

Published
2016-07-21
How to Cite
TIAWAN, S. (2016). PEMANFAATAN PERUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA DI SMA NEGERI 2 MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 79