STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SMAN SE-KOTA MOJOKERTO

  • MOMON EKO FRANCOKO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab di SMAN se-Kota Mojokerto, mendeskripsikan daya dukung yang dimiliki sekolah dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab di SMAN se-Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan mengunakan angket untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan  di SMAN Se-Kota Mojokerto dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab. Wawancara untuk medeskripsikan atau memperjelas hasil angket tentang strategi sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui kegiatan sekolah yang dicanangkan dan dokumentasi untuk memeberikan data yang menjadi acuan dalam penelitian. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah  dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab di SMAN se-Kota Mojokerto melalui tata tertib sekolah.Dilakukan dengan beberapa cara diantaranya patuh terhadap tata tertib sekolah serta memberikan teguran dan sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah. Faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab di SMAN se-Kota Mojokerto adalah guru menjadi model sehingga siswa meniru apa yang dilakukan guru.

Kata Kunci: Karakter, Disiplin,Tanggung Jawab

 

Abstract

The purpose of this study were; to describe the school’s strategy to build discipline and responsibility at all senior high school’s in Mojokerto; to describe the school’s endorsement in building discipline and responsibility at all senior high schools in Mojokerto. This research applied qualitative approach by using descriptive method. The data were collected through questionnaire, interviews, observation and documentation. The data collection techniques performed by the researchers is to use a questionnaire to find out how the strategies used in SMAN Se-Mojokerto in shaping the character of discipline and responsibility. Interviews for medeskripsikan or clarify the results of a questionnaire about the strategy of schools in shaping the character of the discipline of students through school activities initiated and documentation for giving out the data which is used in the research. Furthermore, the data were analyzed using qualitative descriptive with percentage. he results showed that the school strategy in building discipline and responsibility at all senior high schools in Mojokerto lies within the school rules. It could be carried out through some ways consisting of obeying the rules of the school and giving advice and punisment to students who break the school’s rules. The supporting factor in forming discipline and responsibility at all senior high schools in Mojokerto was the teacher who becomes the role model so as the students are able what the teacher’s do.

Kata Kunci: Character,discipline, responsibility

 

Published
2016-07-28
How to Cite
EKO FRANCOKO, M. (2016). STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SMAN SE-KOTA MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 480