STRATEGI MI DARUL ULUM 1 JOGOROTO KABUPATEN JOMBANG DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN BUDAYA SEKOLAH

  • MUHAMMAD SYAHRONI HIDAYATULLOH

Abstrak

Abstrak

Strategi sekolah dalam membentuk karakter disiplin melalui pembiasaan budaya sekolah MI Darul Ulum 1 Jogoroto dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi sekolah MI Darul Ulum 1 Jogoroto yang digunakan untuk mengatasi merosotnya karakter disiplin siswa melalui pembiasaan budaya sekolah yang dicanangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan angket untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan di sekolah MI darul Ulum 1 Jogoroto dalam membentuk karakter disiplin. Wawancara untuk mendeskripsikan atau memperjelas hasil angket tentang strategi sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui kegiatan sekolah yang di canangkan dan dokumentasi untuk memberikan data yang menjadi acuan dalam penelitian. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa strategi yang digunakan sekolah MI Darul Ulum 1 jogoroto ini bisa dikatakan sangat baik, dengan menerapkan melalui pembiasaan budaya sekolah berupa mewajibkan siswa untuk mengikuti sholat dhuha, menutup pagar ketika bel masuk sekolah berbunyi, mengabsen siswa ketika dikelas, dan membudayakan siswa untuk berjabat tangan pada saat bertemu dengan guru, hal ini didasarkan dari hasil angket dan juga hasil wawan cara langsung pada kepala sekolah, untuk itu strategi ini perlu dipertahankan dan diterapkan pada generasi selanjutnya.

Kata Kunci: Sekolah, karakter disiplin, pembiasaan budaya.

Abstract

School strategies in shaping the character of the discipline through habituation school culture MI Darul Ulum 1 Jogoroto and The aim of this research is to find out the strategy of MI Darul Ulum 1 Jogoroto that is used to overcome the degradation of discipline character in students through school habituation culture. This research is a descriptive quantitative research. Researcher used questionnaire to collect data to find out how is the strategy that is used in MI Darul Ulum I Jogoroto to establish the discipline character for students. Interview is also used to describe the result of the questionnaire about school strategy in establishing discipline character for students through school activities, which then being documented to give data that will be the reference in this research. The data then being analized with descriptive kualitative method and using percentage. The result shows that the strategy used in MI darul Ulum I Jogoroto works really good. apply through school habituation culture such as requiring students to follow Duha prayers, close the gate when the school bell rang, the roll students when the class, and cultivate students to shake hands when meeting with teachers. This is said according to the result produced by the questionnaire and also direct interview with the Headmaster of the school. Therefore, this strategy needs to be held up and applied to the next generation.

Key words: School, discipline character, habituation culture

Diterbitkan
2016-07-28
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 59