PERILAKU SOSIAL 7 (TUJUH) SISWA YANG GEMAR BERMAIN GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1  BANGKALAN

  • INTAN PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Game online tidak mengenal batasan usia dari anak-anak hingga dewasa. Para gamers juga banyak yang berasal dari pelajar di Kota Bangkalan. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bangkalan bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan menganalisis perilaku sosial 7 (Tujuh) siswa SMA Negeri 1 Bangkalan yang gemar bemain game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada tiga jenis game online yang sering dimainkan, yaitu : Point Blank, Lost Saga, dan DOTA. Motivasi 7 (tujuh) siswa SMA Negeri 1 yang gemar bermain game online adalah lingkungan sekitar yang memicu mereka bermain game online. Selain itu juga karena telah merasa kecanduan untuk terus bermain, meningkatkan level dan pangkat, yang tujuan akhirnya menjadi seorang pemenang. Dalam hal ini perilaku sosial yang diteliti ada tiga yaitu : perilaku peran, meliputi pemberani, berkuasa, dan mandiri. 2) perilaku dalam hubungan sosial, meliputi suka bergaul, dan simpatik. 3) perilaku ekspresif, meliputi suka bersaing dan agresif. Tetapi terdapat perbedaan perilaku positif dan negatif yang disebabkan adanya perbedaan kontrol diri dari setiap individu.

Kata Kunci : Permainan Game online, Perilaku Sosial Siswa.

 

Abstract

Online game knows no age limit on children to adults. The gamers also many came from students in the City Bangkalan. Research conducted in SMA Negeri 1 Bangkalan aims to describe and analyze the social behavior motivation 7 (Seven) SMA Negeri 1 Bangkalan who likes to bet online game.This research used qualitative approach with case study. The research data obtained through observation data collection techniques, in-depth interviews, and documentation. Based on the results of this study concluded that there are three types of online games that are often played, namely: Point Blank, Lost Saga, and DOTA. Motivation 7 (seven) student in SMA Negeri 1 who like to play online games is the environment that triggers them to play games online. In addition, because it has been felt addicted to continue playing, increase the level and rank, which is the ultimate objective of being a winner. In this case study of social behavior there are 3 (three), namely: the behavior of roles, including a brave, powerful, and independent. 2) behavior in social relationships, including love hanging out, and sympathetic. 3) expressive behavior, include the likes competitive and aggressive. But there are difference of positive and negative in self-control of each individual.

Keywords: Online Gaming, Social Behavior Students.

Published
2016-07-29
How to Cite
PERMATASARI, I. (2016). PERILAKU SOSIAL 7 (TUJUH) SISWA YANG GEMAR BERMAIN GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1  BANGKALAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 126